Perangkat Gaming PC Portable: Smach Z Gunakan SteamOS

Selasa, 02 Agustus 2016

Perangkat Gaming PC Portable: Smach Z Gunakan SteamOS

Kegiatan untuk mengisi sela-sela waktu kosong bisa dilakukan dengan berbagai hal. Seperti membaca buku, mendengarkan musik, browsing, atau bermain game. Seiring berkembangnya waktu, kita tahu ada perangkat konsol portable yang dapat digunakan dimana saja dan kapanpun, seperti PlayStation Vita atau Nintendo DS. Namun bagaimana jadinya bila game pada perangkat PC juga bisa dimainkan secara mobile?

Seperti yang dilansir dari Liliputing Senin (1/8/2016), mengungkapkan bahwa kali ini terdapat perangkat gaming PC portable dengan nama Smach Z. Perangkat ini serupa dengan perangkat gaming portable yang saat ini sudah beredar, namun yang menarik disini menggunakan SteamOS yang berbasiskan Linux.

Bagi yang bertanya soal spesifikasi Smach Z, prosesor yang digunakan berasal dari AMD Falcon dan pengolah grafis dari Radeon. Ada dua varian dengan kapasitas RAM dan memori internal yang berbeda, yakni RAM 4GB dengan memori internal 32GB dan RAM sebesar 8GB dengan memori internal berkapasitas 128GB.

Perangkat Gaming PC Portable: Smach Z Gunakan SteamOS

Dengan bentuk yang mirip dengan perangkat gaming portable yang beredar, Smach Z dibekali dengan layar seluas 5 inci dengan panel OLED, yang memiliki resolusi Full HD. Lengkap dengan tombol navigasi berupa analog dan tombol aksi seperti X, Y, B, serta A, lalu ada juga dua tombol d-pad yang dapat dikustomisasi.

Perangkat ini diklaim mampu memainkan game yang ada pada platform Steam, seperti game-game ternama Counter Strike: Global Offensive, DOTA 2, Team Fortress 2, serta masih banyak lainnya.


Pengembangan perangkat ini dikabarkan bakal memperlihatkan protipe Smach Z pada ajang Gamescomm 2016, yang akan digelar pada Cologne, Jerman, dan dimulai pada 17 Agustus mendatang. Harga dari perangkat ini sendiri rencananya akan berada di kisaran 222 USD atau sekitar 2,9 juta Rupiah. Apakah akan mampu menyaingi game portable yang ada saat ini?


Share on :